Text Widget

Laporkan Penyalahgunaan

Blog Archive

Categories

Popular Posts

Pages

BTemplates.com

Blogroll

Blogger templates

Blogroll

Unordered List

LATEST POSTS

Langsung ke konten utama

Dinas Luar | Page.27

Kesempatan cerita di personal blog kali ini diawali dengan Dinas Luar (DL)  ke arah mestong, Kabupaten Muaro jambi.  Cukup melelahkan sejauh perjalanan, tapi jujur aku bisa teriak  kapan lagi keluar kandang.... Gila akhirnya keluar juga dari labor setelah penat di labor  buat ngelab ngelab dan ngelab akhirnya keluar juga.  Sejauh perjalanan menuju tujuan yang bakalan di ambil sampel limbah nya, aku bareng tim ngantar surat dulu ke perusahaan yang bakal di ambil sampel nya.  Firstly,  i want to tell something....  Sebenarnya agak cringe dan geli  buat di ceritain, sepanjang perjalanan di  mobil bareng tim, karena, ya, biasa kalau turun bareng emak-emak emang ada aja yang diceritain, aku yang dengar agak gimana ya ?  Hahah udahlah SKIP.. 

Anyways, tujuan pertama tim kami ke CV. BUANA JAYA alias peternakan ayam, lokasi nya di arah bertam masih dalam ruang lingkup Kabupaten Muaro jambi,  first impression ngeliat nih peternakan, waduhhhh gilaaa coyyy banyak amat ayam nya. Per-kandang nya itu ada kali ayam nya kurang lebih 1000an ekor busett dah banyak amat ya,  terus aku mikir, ini gimana cara ngasih makan nya ya kalo per-kandang nya itu 1000-an ekor ayam,  nah ternyata pikiran aku terjawab,  ternyata peternakan ayam ini udah canggih, mereka ngasih pakan ayam nya udah make alat, terus aku ngelirik ke kandang ayam nya, tau gak, kandang ayam nya itu di kasih blower, gila pantesan pas jalan ke arah kandang karena mau ambil sampel limbah nya, rada bau t*ik ayam, dikasih blower pula, mambu nya beh, sedap. 

Di peternakan ayam ini kandang nya gak cuma satu, ekspetasi aku dari luar tadi sebelum masuk ke dalam kandang nya, aku pikir cuma satu kandang gitu kan tapi emang banyak ayam nya, ternyata pas udah masuk ke dalam kandang nya, luar biasa..... lebih dari satu kandang bokkk.  Ayam nya mentereng alias banyak kali lah. Tapi ini peternakan ayam tapi bukan untuk ayam potong, tapi ayam apa ya ?  Ayam yang untuk menghasilkan telor. Apa ya bahasanya  ?  Ayam....  Ayam. Au ah, but, correct me if wrong. 

Di peternakan ayam ini, gak ada foto nya dikarenakan, aku gak bawa hp kedalam sana, mungkin aku pikir hp nya ditinggal aja didalam mobil, soalnya juga gak ada ngapa-ngapain, No Signal Here!  So, gak ada foto apapun di peternakan ayam ini. Tapi sejujurnya aku senang kalau sering di ajak turun lapangan ini, karna selain nambah pengetahuan, kapan lagi kan jalan-jalan keluar lab, gak stay di lab mulu, it's so bored. 

Lanjut. Setelah dari peternakan ini aku dan tim lanjut lagi ke PT. Ciomas masih dalam ruang lingkup Muaro Jambi, dan masih berbau peternakan, tapi di PT. Ciomas ibi peternakan ayam potong, beda dengan peternakan yang kami datangi tadi.  Nah di PT. Ciomas ini seperti biasa, kalau ada tamu dari luar wajib lapor diri, dikarenakan masih dalam suasana pandemi, jadi aku sama tim seperti biasa cuci tangan, and you know that, mobil kami musti di semprot juga LOL.  Salah satu karyawan PT itu bilang  "seharusnya mobil dilarang masuk"  Karena eh karena mobil kami terlanjur masuk kedalem yaudah akhirnya kagak kenape-nape. Untung orang nya baik, jadi agak santai lah. 

Setelah dari Ciomas, kami langsung cabut, aku sama tim langsung menuju ke PT. Charoem pokphand, PT ini lokasi nya di mestong masih dalam ruang lingkup Kabupaten Muaro jambi, aku sempat foto di PT ini, terus security nya bilang " Buk, foto nya buat apa ya ?  Terus, aku jawab  " Buat dokumentasi pak",  terus security nya bilang  " Oh oke buk, siap".  Mungkin untuk keamanan bersama dan untuk keamanan PT jadi nya gak boleh sembarangan ngambil foto, ya, aku maklumi. 

PT. Charoen Pokphand 


Di foto itu cuma tampak depan nya doang, karena, lagi dan lagi, demi keamanan dan masih dalam pandemi, jadi,  yang ngambil sampel nya adalah karyawan nya sendiri, dalem hati "enak dong gak repot-repot" But, thanks, sir. Yang gak tau namanya siapa. Kalau aku sama tim tetap harus masuk kedalam peternakan yang ada ayam nya, pasti harus mandi dan ganti baju dulu,  desas-desus nya begitu, karena dengar-dengar dari cerita yang udah turun kesana, lagi dan lagi, demi keamanan bersama,  because safety number one. 

Lanjut. Udah dari charoen pokphand perjalanan kami masih tetap lanjut, kita ke...  Ke PT. JAPFA udah pada kebal kan japfa itu PT apaan. Rasanya udah gak asing lagi kalau dengan PT ini, PT terbesar di Indonesia. Kali pertama aku ke PT japfa,  first impression pas masuk ke dalem, musti disemprot juga, terus pas masuk ke kantor security nya musti di semprot juga, dalem hati ngomong "udah berasa kayak hama disemprot mulu LOL" .  
Nah,  di japfa kali ini gak begitu lama, karena yang ngambil sampel tetap karyawan nya dikarenakan masih dalam wabah pandemi ini, terus aku ngisi buku tamu dan buku kunjungan, super ketat kalau mau ke PT ini. 

Ini tampak depan sebelum masuk ke dalam  PT. JAPFA 


Sebenarnya ada PT lagi yang kami kunjungi, berhubung aku lupa namanya jadi gak aku ceritain disini, sebenarnya tim kami sudah lelah di perjalanan tapi asik. Di perjalanan tim kami ngunyah mulu, alis nge-ganjal perut yang mungkin udah keroyokan bunyi nya, alias si cacing butuh nutrisi.  

Terakhir kami makan sore di Aroma cempaka, akhirnyaaa.....  Setelah perjalanan panjang perut kami damai dan gak ribut lagi ternak di dalam perut kami.  

Oke, sampe disitu dulu cerita aku kali ini sampe jumpa di cerita selanjutnya, bye 👋




Hello everyone, my name is Nisa, I am 23 years old, thank you for coming to my blog. This blog is about my thoughts about things that can be talked about here. so keep reading, thanks :)

Komentar