Text Widget

Laporkan Penyalahgunaan

Blog Archive

Categories

Popular Posts

Pages

BTemplates.com

Blogroll

Blogger templates

Blogroll

Unordered List

LATEST POSTS

Langsung ke konten utama

"Fake News" page.1


“Fake News”
By : Nisah Ar




Karena sebenarnya topik ini tuh penting untuk dibicarakan tapi yang aku lihat orang-orang kita tuh masih belum sadar dan aware akan issue ini. Semudah itu orang mencaci maki orang lain di social media, padahal kalau kita ketemu orang nya langsung, sopan nya bukan main nunduk malu gitu.
Jadi sebenarnya di topik ini  “ngomong-ngomong” aku mau ngobrolin tentang “fake news”: berita palsu , mending kagak usah saling menjatuhkan di sosmed mending sama-sama ngerangkul. Karena apa yang kamu lihat di sosmed itu belom tentu aslinya kayak gimana kehidupan real nya mereka, karena yang aku perhatiin orang-orang kita itu mudah untuk menyalahkan orang lain dan cepat berargumen seoalah-olah apa yang mereka lakuin itu salah, dan timbulah netizen maha benar dengan segala kicauan nya.

Oke, di tulisan ini aku mau nuangin isi kepala aku aja bukan maksud buat sok tau dan sok pinter tapi yang aku lihat belakangan kali ini apalagi orang-orang disekitar kita belom aware dengan issue yang kayak beginian. Makanya aku pengen banget ngobrolin issue ini disini, maaf ya kalo tulisan aku ini agak nyablak tapi bukan berarti ngomong nyablak yang negative ya lebih tepatnya lebih agak mengedukasi lah (cailaaahh laguan lu)… ya karena kalo bicara langsung atau face to face ngomong nya sesuai pemikiran aku, jadi gak di setting gitu. Kebanyakan opening nya nih langsung aja yah kita ke topik nya aja.

apakah kalau kalian ketemu sama orang yang gak kalian suka terus kalian lanagsung pengen hujat dia, atau ada orang nih yang bikin hati kamu gedek, dongkol gitu ya  terus kamu tiba-tiba benci aja tuh sama tu orang, pokoknya apapun yang dia lakuin kita gak suka aja benci aja liat nya gitu, atau yang kayak gini nih, mereka pernah bikin sakit hati kamu nah timbul lah rasa kebencian didalam hati kamu seakan akan apa yang kamu liat dari dia  mentok benci aja gitu. Begitu ya ?
Sebelum kalian mengetahui apakah orang lain suka atau tidak nya dengan kita, yang kita upload di social media atau di manalah yang berkaitan dengan media massa  selalu jadi opening yang gak habis-habis nya buat di cibirin mulu sama netizen, apalagi mereka-mereka yang terjun di dunia “entertainment” dan lagi dan selalu apapun yang mereka lakuin apakah mereka dalam tanda kutip “ nyeleneh” dengan gaya  nya mereka, kehidupan mereka yang hedonisme selalu jadi pusat perhatian warga net. Sebenarnya kalau aku pribadi sih, kalau aku lagi ngeliat story nya seseorang di instagram mau itu teman sendiri atau public figure ambil yang bagusnya aja, oh mungkin si A hari ini dia produktif, oh si B hari ini dia gak produktif mungkin kemarin-kemarin dia produktif,  mungkin aja si A dan si B kagak mau nunjukin tuh kesusahan nya mereka di instagram atau di story ya biasanya. Bisa jadi mereka Cuma memperlihatkan yang happy nya aja jadi yang bad day mereka, mereka kagak mau ngeliatin nya, ya karena mereka pikir buat apaan kesedihan di humbar-humbar di social media, toh kagak ada yang peduli kalo misalkan aku upload yang sad ending gitu, padahal mungkin sebagian dari orang-orang di sosmed itu punya happy ending juga, Cuma mereka aja yang gak mau ngumbar nya. Bisa jadi…. Why not.

Jangan suka memprovokasikan diri kamu buat jadi toxic di social media, banyak yang aku liat orang-orang semudah itu buat menjadikan diri mereka toxic, padahal mereka belom tau kebenaranya gimana, yang kamu liat di sosmed kan belom tentu kebenaranya gimana. Makanya selalu dibilang dan di wanti-wanti “ Saring sebelum Sharing” dan itu benar adanya dan nyatanya.
Sedikit cerita dari aku, sebenarnya sih udah lama kasus ini terjadi, disalah satu Univ di jambi mereka dengan percaya dirinya meng-Up kan berita tentang pedagang bakso yang “(katanya)” menggunakan olahan daging babi. Jadi, viral lah si tukang bakso ini di story dan di akun-akun berita dijambi dan itu aku jadi viewers teman-teman di instagram yang ngebuat story tentang tukang bakso ini , kebayang gak berita yang masih berlabel “abal-abal’ itu di up kan dengan cepat menyebar sampe-sampe pihak yang berwajib ambil alih dengan kabar yang beredar yang masih miring itu, yang aku baca beritanya, si tukang bakso ini dipanggil sama pihak yang berwajib buat dimintain keterangan. Jadi, si tukang bakso ini untuk sementara waktu vakum beliau gak jualan karna desas-desus berita itu tadi. Nah, setelah sampel bakso nya di uji di  laboratorium  ternyata hasil dugaan yang menyatakan kalau si tukang bakso itu menggunakan daging babi hasilnya negative. Murni si tukang bakso itu gak menggunakan daging babi sebagai bahan baku nya.

 

 faktanya : 

Hasil uji Laboratorium menyatakan, tidak ada kandungan babi dalam bakso yang dijual di kawasan  Univ tersebut,. Hasil negative didapat dari uji laboratorium di Bukittinggi dan Bogor (source :liputan6.com)





Apa yang bisa diambil dari cerita yang viral itu ?
Aku rasa orang-orang jambi pasti taulah dengan berita ini sempat viral beberapa tahun yang lalu.
Nah, jadi apa yang bisa di ambil dari cerita dan kasus yang sempat menghebohkan itu ?

Kalau aku sih gini, apa yang belum pasti belom tentu itu realita nya. Maksudnya gini, orang-orang udah berbondong-bondong buat up kan berita abal-abal itu padahal nyatanya berita itu belom tau kebenarnya gimana, tiba-tiba kita sebagai pengguna social media belom tau pastinya, belom tau real nya gimana kita sibuk memprovokasikan orang lain sementara kita sendiri jadi toxic yang secara gak langsung merugikan satu pihak. Dampaknya apa ? itu mata pencarian nya, itu kerjaan nya untuk dapetin uang, terus dengan beredar fake news ini dagangan nya jadi sepi, untuk sementara waktu mungkin tukang bakso itu vakum. Jangan menutup rezeki orang lain dengan beredarnya kabar fake news itu, lebih baik kita cari tau kebenaranya kayak gimana udah dapat hasil yang Sah dan faktanya baru deh orang-orang kita diem, alhamdulilah si tukang bakso itu sampe sekarang dagangan nya laris manis tanjung kimpul,  dagangan nya laris duit nya ngumpul aseeekkkk…

Yok ah, jadi pengguna social media dengan baik dan benar jangan sampe kita yang jadi toxic nya, okee… sekian dulu ngomong-ngomong kali ini next ngomongin tentang hal-hal yang dianggap penting buat di omongin. See you J

Hello everyone, my name is Nisa, I am 23 years old, thank you for coming to my blog. This blog is about my thoughts about things that can be talked about here. so keep reading, thanks :)

Komentar

Posting Komentar