Text Widget

Laporkan Penyalahgunaan

Blog Archive

Categories

Popular Posts

Pages

BTemplates.com

Blogroll

Blogger templates

Blogroll

Unordered List

LATEST POSTS

Langsung ke konten utama

" Kuliah : Fase pendewasaan diri " page.2



“ Kuliah : Fase pendewasaan diri “

By : Nisah Ar






Semakin hari semakin beranjak dewasa semakin namanya gak penting soal basa-basi, entah itu karena orang-orang di lingkungan kita rada mentingin diri nya sendiri, atau mungkin orang-orang hanya sekedar nanya aja kayak “ eh kamu, udah ini belom” , “eh kamu, udah itu belom”  udah basi rasa nya nanya yang gak ada sangkut pautnya sama kehidupan. Semakin hari rasanya semakin hambar kayak masak sayur tanpa garam kadang mau ngelakuin ini salah, ngelakuin itu salah jadi serba salah semuanya.

Tipikal orang-orang kadang memang suka membingungkan kita, benar kata orang “beda kepala beda pemikiran” yes,  that’s right, how can it be like that  ?  sometimes, sebagai manusia kita lupa yang namanya “oh isi pemikiran dia gak sama dengan pemikiran nya si B” atau “oh si B sependapat tuh sama si C “ kayak gitu juga seterusnya sampai dimana kita sebagai manusia merasa kalau ternyata gak ada habis nya ngomongin topik A,B,C etc. Sampai-sampai ada yang mau baku hantam karena beda pendapat itu tadi, ya karena itu tadi “ as humans who’ve different thought patterns” tiap orang beda pola pikirnya gak sama,kalapun sama alhamdulilah satu tipe dengan kita,kalau gak yaudah bisa jadi temen sharing aja.

Kata orang masa indah itu masa pas masih SMA, setuju ? ada yang setuju ada juga yang gak setuju kenapa kebanyakan orang-orang kita nyebutin kalau misalkan masa SMA itu adalah masa yang paling indah, sulit buat ngelupain nya, sulit buat ceritain kenangan nya, blab la bla  bla….. banyak opini yang begituan yang sering kita dengar sama-sama , kadang aku juga pernah nyebutin itu juga, ya karena waktu SMA tempatnya kita mencari jati diri, who am I ? SIAPA SIH AKU INI ? (garis bawahi).

Ngomong-ngomong soal SMA, ada beberapa teman kita yang dulunya deket banget sama kita, apa-apa tuh berdua, pulang pergi sekolah berdua, mau jajan dikantin berdua, kalau ke wc harus berdua bareng dia udah kek perangko itu sama surat harus nyatu dempet terus gak mau pisah, sampe ada yang bilang  “kembaran nya ya ? “ ya karena sering berdua itu tadi makanya orang ngira kembar. Udah masuk mau UN (ujian nasional) satu persatu temen-temen kita mulai mempersiapkan diri mereka buat mikirin masuk ke PTN mana, kira-kira keterima gak ya, kalau gak keterima PTS udah siap nampung, ada yang nyiapin bekal buat masuk sekolah kedinasan, ada juga yang mau tes polwan , banyak lah pokoknya kalau disebutin satu persatu panjang jadi ceritanya LOL.


Memasuki fase perkuliahan dan segala drama didalam nya
Temen yang dulunya deket banget sama kita tiba-tiba mulai menjauh, karena jarak, mereka kuliah nya dimana-mana , ada yang di bandung, ada yang dijakarta, ada di padang,  wah pokoknya nyebarlah dimanapun  mereka nuntut ilmu buat kuliah semoga selalu baik-baik aja. Gak kerasa nih, waktu terus lanjut kita semakin hari semakin hidupnya random gak tau habis tamat kuliah ini bakal kerja dimana, jangankan buat mikir kerja, aku tamat aja udah syukur gak ngebebani orang tua lagi. That’s right ? because I was student too,  aku mantan mahasiswa juga jadi tau isi hati sesama mahasiswa lainnya apalagi mahasiswa yang sedang dalam perantauan alias jauh dari emak bapak.

Aku rasa sih selama dalam perkuliahan banyak drama yang terjadi, kadang suka bikin emosi jiwa lah, kadang suka bikin gedek hati lah, kadang pengen jerit disisi lain ada ketawanya juga yang kadang bikin ngakak so hard karena pergi pagi pulang nya pas matahari terbenam, “mau sunrise mau sunset yang penting sans, santuy”. Gak lepas dari tugas yang rasanya bikin mumet isi kepala, udalah pulang sore, tambah tugas belom kelar, ada yang mau di presentasikan didepan dosen, kadang gugup mau ngomong apaan karena materi yang dosen ajarin belom paham bener, eh tiba-tiba pas selesai presentasi di depan eh malah disuruh buat ngasih pertanyaan sama kelompok yang lain “ ada pertanyaan dari kelompok lain” ? nah situasi yang ini nih yang sering bikin mahasiswa kalang kabut buat nyari jawaban, yahh kadang ngomel sendiri  “ cepetan dong selesai nya, kebanyakan pidatonya nih“ 

Dosen ngasih materi didepan kadang aku suka ngantuk dikelas, entar pas midterm exam gatau mau jawab apaan, aku tipikal orang yang kalau udah mepet waktunya baru gerak mau buka buku buat ujian last minute lah , kalau mahasiswa nyebut nya SKS (sistem kebut semalam) mahasiswa loh wajar-wajar aja kalau sering ngelakuin hal ini, kalau gak ngelakuin sistem kebut semalam ini belom mahasiswa namanya gak afdol rasanya, ibarat bulan puasa hambar rasanya gak ada kurma sama blewah didalam nya.

Ketika aku ngerasa di fase yang kayak beginian, aku selalu nge-push  diri buat jangan males malesan ya karena fase ini tuh kadang bikin emosi gak stabil, kadang ada aja yang buat jiwa meradang. Terlebih, kalau misalkan pas UTS (ujian tengah semester) nilai aku jelek gak kayak temen yang lain, waduh mulai dah overthinking nya kumat “apa yah yang salah dari jawaban aku ? perasaan jawaban teman-teman  sama aja kayak jawaban aku” kadang suka iri aja ngeliat teman nilai nya bagus, sedangkan aku kadang dapet nilai nya gak sesuai yang aku pengen, padahal malem nya aku belajar, buku-buku juga aku pantengin di bolak-balik juga tuh buku. Sempat bilang sama diri sendiri “jangan ngeluh dong, alaaah masa seginian aja udah sedih, overthinking pula, yaudahlah toh nilai bagus sama nilai yang gak bagus entar juga bisa diperhitungkan pas udah mau jadi IPK”

Don’t complain, satu kalimat ajaib yang kadang bisa naikin mood aku buat bangkit lagi, “jangan ngeluh” diluaran sana masih banyak orang yang gak seberuntung kamu, orang yang dengan segala keterbatasan nya masih giat buat sekolah, buat kuliah, coba bayangin orang tua kamu udah susah payah nyari duit buat nyekolahin kamu sampe kamu bisa kuliah masa mau ngeluh, malu dong. Ada yang orang tua nya mati-matian nyari duit buat biaya kuliah, yang gak mau tau pokoknya harus ada buat bayar SPP anak nya, semua itu murni dilakukan sama orang tua kita, kadang kita nya yang kebanyakan ngeluh nya. Tapi aku yakin, orang-orang yang baca ini adalah orang-orang yang   A little complaining but a lot of action” sedikit ngeluh tapi banyak aksi. Great people, salut.

Kata orang kuliah itu fase pendewasaan diri, yap benar aku setuju dengan statement ini dari yang gak banyak aku certain tadi kayak nya bisa mewakili kalau kuliah itu memang buat fase pendewasaan diri, coba aja kita main-main sama dosen, dosen bilang nya harus masuk kelas jam delapan pagi misalnya, terus ada teman kita yang datang terlambat, aku yakin ada tipikal dosen yang kalau mahasiswa nya terlambat gak dibolehin buat masuk, jangankan buat masuk kelas mending gak usah masuk aja dari pada dosen itu mood nya ga bagus, karena salah satu dosen aku pas jaman nya kuliah ada yang tipikal beginian, dari pada terlambat mending alpa sekalian, karena dosen yang satu ini agak beda dari dosen yang lain nya. Nah, dari situ aja kita bisa melatih diri kalau setiap orang itu tipikal nya beda-beda cuy, ada yang nyantai ada juga yang gak bisa leha-leha.

Siapa bilang kuliah itu Cuma datang, duduk, dengerin dosen pidato, kalau ada tugas dikerjain, kalau gak ada alhamdulilahhirobilalamin, siapa yang bilang gitu ? kuliah gak seenak di film FTV gaes di FTV itu Cuma fiktif belaka, nah realitanya udah tau kan gimana ? jadi kagak usah ngeliat-liat di film-film itu, itu Cuma Hoax Cuma ada di film yang begituan, karena udah di setting udah di atur  sama sutradaranya, nah kalo kamu siapa yang ngaturnya nya ? selama kamu masih hidup di bumi Allah selama itu juga hidup kamu diatur sama sang pencipta, jadi jangan  samain hidup kamu kayak di film, karena Ekspetasi itu gak seindah Realitanya, jadi keep calm aja, woles santuy.

Selama kita kuliah pasti kita di hadapin sama teman-teman yang mau enak nya aja, mau tinggal beres kalau ada tugas kelompok, yang penting namanya ada tuh di cover depan makalah, kadang yang beginian suka bikin emosi mau bilang ke orang nya langsung ga enakan, kalau kita gak ngomong kita nya yang empet banget rasanya, coba deh orang-orang yang ginian tuh peka sedikit kenapa LOL. Jujur, kalau aku tipe orang yang sering banget ga enakan sama orang, gatau kenapa bibir aku berat aja mau ngomong gitu bukan gak berani ngomong, tapi aku takut nya kalau aku ngomong ke mereka, mereka nya gak terima dan nantinya bakalan jadi besar masalah nya, padahal masalahnya kecil jadi besar, makanya kadang aku suka males aja berhadapan sama orang yang gak bisa diomongin baik-baik, makanya aku milih diem dan ngeliatin aja apa yang mereka lakuin, bodo amat dah.

Harus pintar ngatur strategi selama kuliah, maksudnya kalau kamu pengen cepat lulus dan tamat dari kampus dan univ kamu, kamu harus pintar ngatur strateginya biar semuanya berjalan lancar, yah padahal di tengah jalan mah ada aja jalan yang bikin stuck di situ ga ada yang mulus emang selama masih hidup di bumi Allah, balik lagi ke kita nya bisa gak kita bertahan dalam kondisi yang mungkin bikin down hidup kita, karena kalau detik-detik mau lulus itu ada aja inhibitor nya ada aja aku yakin itu, udah ngalamin yang gituan. Teman-teman yang lain udah pada maju buat seminar proposal satu bimbingan malah udah maju dia buat seminar proposal, lah aku nya belom kenapa ini kenapa ini lagi dan lagi nanyain diri “kok aku belom juga maju sih” pengen banget rasanya cepat maju nya, tapi memang harus sabar cuy nungguin yang begituan, kadang dosen aku gak ada di kampus, kadang beliau lagi ada acara diluar, kadang beliau lagi dinas luar, yah jadi  ada aja inhibitornya gitu, aku kadang ngerasa malu sama teman yang lain mereka udah pada maju, kok aku lama banget gitu ya ngerasa kayak manusia bodoh aja gitu, padahal dari aku sendiri udah gercep buat nemuin dosen, yah lagi-lagi harus banyak bersabar memang cuy, gak mudah emang, gak semudah membalikan kedua telapak tangan. Rasa bosan memang ada dalam diri aku wajar manusiawi dong, tapi dari ini aku jadi belajar proses pendewasaan itu karena sabar itu adalah kuncinya cuy, selain sabar tanamin diri itu ikhlas walapun gak mudah. Dan hasilnya biar Allah yang ambil alih semuanya, udah ada Allah yang ngaturnya kita sebagai manusia wajib berusaha dan tawakal. Karena yang namanya rezeki itu gak bakalan tertukar dan Allah pun gak akan mungkin salah hitung.  

Best regards,

Nisah Ar

Hello everyone, my name is Nisa, I am 23 years old, thank you for coming to my blog. This blog is about my thoughts about things that can be talked about here. so keep reading, thanks :)

Komentar