Text Widget

Laporkan Penyalahgunaan

Blog Archive

Categories

Popular Posts

Pages

BTemplates.com

Blogroll

Blogger templates

Blogroll

Unordered List

LATEST POSTS

Langsung ke konten utama

"Must dare to get out of the toxic zone". page 3


Must dare to get out of the toxic zone

By : Nisah Ar





Sorry kalau seminggu sekali aku update tentang ngomong-ngomong di personal blog ini karena ada kegiatan diluar yang harus dilaksanakan, dan lagi aku kerjanya bisa libur sabtu sama minggu doang, jadi kalau lagi ga ada gawe atau aku lagi leha-leha agak nyantai dikit jadi bisa ngatur buat ngomongin atau ngebahas tentang masalah yang ada di lingkungan sekitar kita, masalah social,berita-berita yang lagi viral di social media. Oh iya, virus corona udah sampe di Indonesia tepatnya di ibu kota kita, Jakarta , semoga masalah virus corona ini bisa cepat selesai, semoga gak ada lagi korban yang berjatuhan karena virus corona ini, bagi oknum-oknum yang nimbun masker, dan alkes dan sebagainya mohon jangan dilakukan hal-hal yang kayak begituan, kita sama-sama melawan virus mematikan ini, sempat aku dengar katanya harga-harga masker di apotek, dimanalah itu harganya naik jadi berkali-kali lipat, ada aja oknum yang memanfaatkan keadaan genting yang bersifat urgent dan emergency seperti ini. Gak ngerti lagi apa yang ada di pikiran mereka masih sempat-sempat nya memanfaatkan keuntungan di tengah situasi yang kalang kabut gini. Di Jakarta gubernur anies baswedan pun udah meliburkan sekolah-sekolah selama dua peka lamanya, kenapa gak di lockdown kayak di wuhan ? sampe menteri perhubungan Indonesia positif terkena virus corona ini. Ada apa ini sebenarnya ?  gak ada yang bisa disalahin soal corona ini, bagi yang masih sehat walafiat mohon jaga selalu kesehatan nya, jangan lupa selalu safety first kalau ada kegiatan diluar dirumah, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Ngomongin soal corona, korban yang meninggal di Negara Italia udah  mencapai 1.441 orang (source : detiknew.com ) sedangkan di Indonesia sendiri pasien yang positif virus corona sebanyak 27 kasus baru, belakangan ini jadi bertambah total 96 pasien positif virus corona, lima di antara pasien tersebut dinyatakan meninggal dunia (source : kumparan.com)

sorry kalau semisalkan data di atas belom terbarui, karena ada kesalahan teknis dari laptop aku jadi tulisan ini baru ke update nya minggu ini.


SKIP…

























Belakangan ini kadang-kadang sering banget dengar kata-kata toxic, setau aku toxic itu :
Toxic  = Racun
Racun = Membunuh
Membunuh = Mematikan






Dari persamaan diatas bisa kita artikan bahwa toxic memang benar-benar bisa membunuh bahkan bisa mematikan (wow ngeriiiiii sekaleeee) bayangin aja orang-orang yang hidup dengan lingkungan toxic yang gak sesuai dengan hati nya mereka jadi gumoh sendiri alias sakit di dada, yaiyalah namanya racun masih juga dekat-dekat mendingan mundur alon-alon. Kalian tau gak sih, ada orang-orang yang mengklaim kalau mereka itu sedang berada dalam “toxic zone” keadaan yang mana ngebuat pikiran, jiwa, ataupun hati jadi gak nyaman, “where is the comfortable zone ? “  gak nemu dimana itu zona nyaman, belom keliatan hilal nya. Well, udah aku bilang kenyaman itu number one,  tumbuh dengan hati yang tulus jangan pernah nyaman itu dicari tapi kamu yang menetukan kamu layak di zona mana, apalagi “you join in friends who can’t accept you well” teman-teman kamu gak nerima kamu dengan baik malah kamu di ajak buat ngelakuin hal-hal yang menurut kamu itu buruk, simple things for example : kamu di ajak buat hura sana hura sini, jalan sana jalan sini, ngabisin duit hasilnya nihil. Uang yang harusnya bisa buat keperluan lain malah kepake buat yang gak tentu arah. Bagi aku sendiri, teman yang pas kita ada di atas dengan artian yang datang pas happy nya aja itu banyak banget cuy, tapi pas kita lagi down atau lagi broken, nah bisa diliat tuh mana yang benar tulus, mana yang benar welcome ke kita, kalo lagi happy mah banyak cuy, coba kalau keadaan lagi gak stabil mana yang tulus mana yang Cuma modus pasti bakalan keliatan cuy, asliii.

Terus ada yang bilang juga katanya “mental health” selalu jadi hal yang penting buat orang-orang, I agree with this. Jadi begini, kesehatan mental yang sering di bicarakan dimanapun selalu dijadikan salah satu bentuk supaya ketengan hati kita jadi adem, kalem gitu. Sebenarnya mental health ini menurut aku pribadi peran nya penting , because the people out of there’re still not aware of the important of mental health. Banyak dari kita yang belom aware dan sadar akan pentingnya kesehatan mental ini, karena mungkin mereka fikir takut dibilang gila, takut dibilang gak normal kayak orang-orang pada umumnya, padahal kalau kalian ngerasa diri kalian lagi gak baek-baek aja gak apa-apa kalian certain apa masalahnya ke teman dekat kalian, atau kalian curcol sama teman yang bisa kalian percayai, certain aja semuanya. Karena kalau kita udah ceritai semua nya ke orang hati kita tuh sedikit agak tenangan lah, kamu minta solusi gima-gimana nya sama teman kalian, yang dengarin cerita kalianpun jadi ngerangkul dan simpati sama kalian dan ini berlaku juga buat aku pribadi, kalau aku lagi gak baek-baek aja atau lagi ngerasa gak srek sama di hati ya aku certain nya sama teman dekat, ingat ya cerita nya keteman dekat aja, entar kalao kamu ceritai kesemua orang, sedikit Cuma yang mau peduli mungkin mereka Cuma mau tau aja gak lebih dari itu, bisa jadi…

Balik lagi ke tema nya must dare to get out of the toxic zone, banyak dari kita semua gak banyak sih sebenarnya tapi adalah dari beberapa kita yang kejebak dalam toxic zone ini entah itu dalam relationship, friendship, atau dalam dunia kerja. Kalau dari relationship udah banyak kayak nya yang jadi tumbal dalam percintaan, tumbal nya tumbal hati, tumbal perasaan. Aku ngomong gini sesuai fakta nya aja, banyak kok dari mereka yang aku baca di instagram mereka curhat disalah satu account di instagram, gimana ceritanya bisa se-toxic itu dalam relationship, ada juga artis yang selama mereka pacaran jadi “abusive relationship” gak perlu aku sebut nama artis nya siapa yang pasti dia udah di abusive sama pacar nya sendiri inisial nya KR , yang aku baca dari highlight instagram nya dia, selama dia pacaran dia dikasarin baik physical abuse atau emotional/verbal abuse. Sebelum keceritanya aku mau jelasin dulu apa itu abusive relationship .

Physical abuse : abusive relationship dimana pasangan kita udah menyakiti kita secara fisik, contonya : dipukul, tonjok, tendang, jambak, cakar, ngeludah, dilempar barang, dan masih banyak lagi yang tujuannya untuk menyakiti fisik kita. Maksa untuk ngelakuin sesuatu sambil di tarik, atau lengan kita deicengkram, juga termasuk ke physical abuse.

Emotional/verbal abuse  : abusive relationship dimana pasangan kita menyakiti emotional atau mental kita melalui verbal/kata-kata. Biasanya manipulative, dan bersifat mengancam. Contohnya : menggunakan kata-kata kasar ke kita pas berantem, bentak/teriakin kita, mengatur hidup kita (posesif di social media, apa yang kita pake jadi komentar, teman-teman kita, kalau kita mau jalan-jalan serba di posesif) ngancam ngelakuin sesuatu yang buruk (invading privacy, nyakitin, etc) guilt tripping, ngomongin di belakang  sampe bikin rumor tentang kamu ke orang lain,etc).

Nah, dari penjelasan diatas tadi salah satu artis kita mengalami abusive relationship, dari yang aku baca di higlightnya dia di tampar sama pacarannya, bahkan sampe di ludahi. Dalam berkeluarga pun kedua orang tua kita gak pernah sampe sebegitunya sama kita, mungkin ada kata-kata yang kurang enak di dengar sama orang tua kita, tapi yang dimaksud orang tua kita itu untuk mendidik kita bukan jadi racun bagi kita, ya tergantung lagi dengan perilaku nya kita, udah benar apa enggak. Kadang orang tua pun bisa disebut abusive namanya “abusive parents” example : ngaborsi anak nya sendiri yang masih didalam kandungan, gak tau udah nikah apa belom, biasanya kejadian yang kayak gini mereka yang gagal buat menikah alias ambil jalan pintas nya, ambil enak nya aja, di aborsilah janin nya udah itu tanpa fikir panjang darah daging nya sendiri dibunuh dan dikubur buat ngilangin jejak. Astagfirullah … semoga kita semua dijauhi dari yang begituan.

Balik lagi ke cerita nya si KR, setelah dia mendapatkan perlakuan kasar sama si pacar, dia baru aware dan get out from the toxic zone,dia keluar dari circle toxic itu,  finally dia putus sama pacar nya, baru dia cerita semua kejadian nya gimana, kenapa bisa sekasar itu si cowok nya, abusive ini gak Cuma terjadi sama cewek aja, cowok bisa juga kena abusive relationship ini. Sering emang kejadian kayak gini dalam hubungan, ya tapi jangan suka main tangan juga, emak bapak nya aja gak pernah tuh mukul dia, apalagi ngeludahi dia, kan udah gak bener hubungan nya udah gak sehat itu namanya, kalau gak bisa jadi pahlawan buat si cewek yaudah gak usah main tangan gausah perlakuin cewek dengan sekasar itu juga, banci tau gak, nol besar. Finally, si KR find the right person to get merried. Bentar lagi mereka bakal nikah, dan lagi kalau kita berani keluar dari circle toxic, kita bakal tenang, gak ngebatin, gak makan ati, “god must have replace the same better for us, life must go on”

Kadang aku mikirnya, pas udah ngebaca cerita-cerita orang atau ngedengarin langsung orang yang dalam lingkungan nya toxic, yang gak ngedukung, bahkan jadi alat boomerang dalam zonasi ini, kadang mikir dua tiga kali lah buat nyakitin orang, jangan seenak jidat aja ngomong ke orang tanpa perasaan. Aku yakin sih, setiap orang itu punya sisi baik nya mau sejahat apapun mau senakal apapun mereka pasti punya sisi baiknya, Cuma ya itu, kadang mereka suka lupa menempatkan diri mereka, kalau kasar dan sering mukul gitu itu namanya tabi’at kalau tabi’at susah ngerubanya, kalau sifat mungkin masih bisa perlahan-lahan berubah, ya intinya balik ke diri sendiri lah, kalau gak mau di gituin jangan gituin orang, apa yang kamu tanam itu juga yang bakal kamu petik. Jangan jadi orang yang toxic dan kita pun jangan jadi toxic nya, mending sama-sama kita ngomongin hal-hal yang baik, hal-hal yang bisa kita bahas buat kedepan nya.

Kalau gak bisa diomongin baik-baik, yaudah bukan salah kamu lagi buat nahan nya, kalau manusia sekali aja paham apa yang diomongin. Yang ngebuat kamu gak betah, yang ngebuat kamu ngebatin, yang buat mental health kamu  jadi low lebih baik keluar dari circle toxic ini, dan lagi your mental health is number one. Sayangi diri kamu, self love penting banget.

Best regards,

Nisah Ar







Hello everyone, my name is Nisa, I am 23 years old, thank you for coming to my blog. This blog is about my thoughts about things that can be talked about here. so keep reading, thanks :)

Komentar