Text Widget

Laporkan Penyalahgunaan

Blog Archive

Categories

Popular Posts

Pages

BTemplates.com

Blogroll

Blogger templates

Blogroll

Unordered List

LATEST POSTS

Langsung ke konten utama

" Being to independent human " page. 4



" Being to independent human "

By :  Nisah Ar






Setiap kali aku baca-baca buku entah itu buku tentang life style, buku masak-masak,  buku tentang cara mengasah otak supaya lebih tajam kayak silet,  atau mungkin buku tentang pengembangan diri. Dari beberapa buku yang aku suka salah satu nya ya buku tentang pengembangan diri ini, gatau kenapa aku suka aja gitu baca-baca buku tentang cara kita sebagai manusia itu bagaimana, how to be a good People, how to be... Bla bla bla bla bla Masih banyak lagi buku-buku yang udah aku baca, salah satunya buat nambah wawasan sama refrensi aja, jadi kalau misalkan ada yang nanya ke aku  setidaknya aku bisa jawab berdasarkan yang udah aku baca dari buku. 


Menurut kalian menjadi manusia yang independent itu yang gimana ?  
Apakah dengan kalian hidup sendiri kalian bisa nentuin apa yang bakal kalian lakukan, apakah kalau kalian lagi berpergian sendiri kalian bebas mau ke arah mana tujuan nya tanpa ada yang ikut campur ?  Versi independent menurut kalian yang kayak gimana sih ? 

Independent versi aku, untuk sekarang aku udah di tahap independent,  independent yg gimana ?  Gini, kamu udah bisa nentuin mana yg bisa kamu handle sendiri mana yg gak bisa kamu kerjain lah itu kamu udah bisa independent.  Kayak kamu misalkan, kamu sudah berpenghasilan sendiri dan kamu independent untuk beli apa aja yang sesuai dengan kebutuhan nya kamu.  Kamu juga bebas buat nentuin jalur mana yang harus kamu tempuh gak harus dengar apa kata orang, hidup sesuai apa yg kamu impikan, tapi dalam hal yang gak neko-neko. 

Independent dalam finansial juga penting cuy,  misal kamu udah kerja dan berpenghasilan sendiri di satu sisi kalian juga musti nabung buat your future,  nabung buat nikah, nabung buat hedon nya kalian, nabung buat keperluan yg bersifat urgent atau emergency, nah dari independent secara finansial ini kalian harus bisa nentuin berapa income nya kalian, misalnya dari gaji pokok nya kalian setiap bulan nya berapa, atau 10% dari gaji pokok ditabung buat hal-hal yg dianggap penting. 

Other side, independent dalam bekerja versi aku,  nah jadi setiap aku mau berangkat kerja jam 7 pagi aku gak bawak motor ke kantor, jadi motor aku dititipin di jembatan aurduri  nah pergi nya aku naik mobil kantor atau gak aku naik bus trans Siginjai, biasanya ada bus dari pemkab muaro jambi yang nampung PNS, Honorer yang bekerja di muaro jambi, tapi berhubung bus nya lagi di pakek buat kegaitan yaaaa jadi nya mau gak mau aku naik mobil kantor alias nebeng cuyyy,  atau gak naik Trans Siginjai kalau aku gak ada tebengan sama sekali jadi dengan sangat kepaksa aku naik Trans Siginjai. 
Gak aku sendirian sih yang ngelakuin hal yg gituan, yang PNS, honorer di kantor lain pun juga gitu, karena jarak kali ya jauh dari jambi ke sengeti bawak motor lumayan pegel juga pinggang, tangan juga pegel cuyyy. Tapi seru cuyy asli. Secara langsung proses yg begituan jadi buat aku independent dalam bekerja, aku harus bangun pagi supaya gak ketinggal mobil atau bus. 

Dari proses aku harus numpang mobil kantor alias nebeng buat ke kantor, semakin lama yang udah aku jalanin selama 1 tahun 3 bulan ini dari aku pribadi sih ada enak nya dan juga ada yg gak enak nya.  Disisi lain,  kalau enak nya semuanya gratis karena numpang mobil kantor atau gak naik bus pemkab muaro jambi, tapi disisi lain yang gak enak nya kalau yang PNS pada dinas luar, sepiii bingung mau numpang sama siapa ke kantor, alih alih dengan terpaksa alternatif nya naik Trans Siginjai. Naik Trans Siginjai dari gapura perbatasan muaro jambi ke sengeti 5000 aja cuy udah sampe kok ke kantor.  
Dan pulang dari kantor sama hal nya kayak mau pergi ke kantor alias nebeng juga cuy,  nebeng sama mobil kantor, atau gak naik Trans Siginjai kalau gak ada tebengan, lagi dan lagi proses itu udah aku jalanin selama 1 tahun 3 bulan cuy. Mandiriii asliiiii....  Harus independent, harus tau dan aware sama lingkungan juga, jangan diam aja. Malu bertanya sesat di jalan brooo.... 

Nah, dari pengalaman nya aku dari independent finansial, independent mau berangkat kerja harus nungguin tebengan dulu baru goes to office baru aku bisa gawe dikantor baru bisa nge lab aku cuy.  Mau pergi ke kantor aja cerita nya panjang kan ?  Tapi aku bangga cuy bisa se-independent gitu di tengah lingkungan aku yg bisa dibilang umur nya lebih tua dari aku.

Waktu aku merantau di tanjabar, tepatnya di merlung tahun 2018 waktu itu masih fresh graduated statusnya, aku dapat tawaran kerja di merlung di salah satu laboratorium klinik disana. Akhirnya aku keterima buat kerja disana, dengan gaji yang masih statusnya fresh graduated lah kalian tau sendirilah kalau masih fresh graduated gaji nya berapa gak perlu aku sebutin, selama kurang lebih 3 bulan aku disana itung itung buat cari pengalaman kerja, jadi aku disana gak sendiri ada sahabat aku namanya eka, kebetulan rumah ny gak jauh juga dari tempat kami kerja, tapi eka balik hari kerumah karena dekat, kalau aku harus nginap di klinik itu sendirian, bayangin klinik yg besarnya 2 tingkat itu aku sendirian yang jaga, semua nya jadi serba mandiri, hidup mandiri, masang gas dewe,  masak dewe, mau sarapan harus masak dewe, pokonya serba dewe lah. Belom lagi kalau malam yang jaga klinik ya aku sendiri juga.  Pokoknya independent women lah, biasanya dirumah kalau mau sarapan disiapin emak, nah sekarang musti berpikir sendiri kalau mau makan ya harus masak sendiri, jadi apa apa tuh sendiri disana.

Waktu di tungkal juga gitu, aku sama si eka juga jadi mandiri karena udah dilatih dulu sebelum ke tempat yang asing, jadi waktu itu kami berdua dapat giliran di labor tungkal, disitu aku sama si eka juga harus aware dengan lingkungan yg belom kami jumpai, di tungkal aku sama eka harus ambil sampel di rumah sakit terus dibawa ke labor buat diperiksa, ngantar hasil lagi kalau keluarga dari pasien minta hasil cepat,  waktu itu kami dikasih motor dinas buat kendaraan kami selama di tungkal.  Mandi nya air hujan, kalau hujan deras aku sama si eka mulai nampung buat mandi, karena air disana gak bagus.  Pengalaman aku di merlung sampe di tanah tungkal bareng sahabat tercinta eka yuniarti, susah senang sudah kita lewati sama-sama.
Pengalaman kerja waktu masih fresh graduated memang jadi modal utama, gausah kebanyakan ekspetasi yg diluar logic, jalani aja dulu,  kalau kita ikhlas pasti Allah juga ngasih kita yang terbaik,  intinya bersyukur lah apa yg aku dapat waktu itu, tanpa disadari pengalaman itu berharga banget. Dan alhamdulilah sekarang aku dikasih sama Allah kerjaan yang sesuai dengan passion nya aku, laboratorium. apa yang aku pengen satu persatu Allah kabulin. Jangan lupa usaha,dan doa itu penting banget.



Balik lagi ke being to independent human, buat kalian-kalian yg lagi baca tulisan ini sebenarnya kalian itu udah independent, independent versi nya kalian, kalo versi nya aku yg udah aku ceritain tadi, tapi masih banyak sebenarnya independent dalam hal apapun, tapi yg aku ceritain yang independent sesuai my daily activity from my experience. 

Meanwhile,  independent dalam berpikir juga penting sama penting nya dengan independent yang lain, tapi kalau independent dalam berpikir ini kalian juga musti tau dan aware dengan lingkungan nya kalian harus sinkron supaya gak bertolak belakang dengan pemikiran orang-orang lain juga.  How your knowledge about someone, kadang yang kita pikirkan orang lain belom  tau gimana gimana nya,  nah akhirnya ini yang bikin ribut dan gak sejalan.  Orang-orang juga kadang terlalu mendikte orang lain buat sepaham dengan isi kepala mereka yang belom tentu juga benar.  Independent dalam berpikir ini juga sering dilibatkan dengan emosional dan lebih ke perasaan, maksudnya ??? 

Ada dari kita sulit rasanya buat "say no to the other people" orang yg kayak gini mereka susah buat ngomong kalau mereka lagi ada gawe, atau mereka sulit buat nolak sesuatu karena mungkin orang nya juga gak enakan gitulah, nah jadi orang ini susah buat bilang, "maaf ya aku lagi ada ini nih, sorry aku ga bisa " Gak semua orang bisa nolak ajakan nya kalian (gak semua orang cuy).  Balik lagi ke kita, kalau mereka ada gawe atau lagi sibuk ya jangan diganggu dulu lah, biarin dia kelarin kerjaan nya, kadang mereka yg sulit buat say no ini gak enakan orang nya, apalagi yg minta tolong itu adalah atasan kita atau bos kita, mau gak mau kita iyakan.  Nah dari independent secara berpikir ini bisa kita liat dulu kondisi siapa yang mau kita hadapai dan yang mau kita ajak bicara. 

Kalau dari aku pribadi, independent dalam berpikir ini aku liat dulu siapa lawan bicara aku, dengan siapa aku bicara, gimana aku dalam berbicara,  mau itu dengan orang tua, orang yang lebih tua dari aku, kawan seumuran, dengan atasan atau bos  semuanya di kondisikan dalam artiian profesional.  Kalau aku independent dalam berpikir ini lebih ke mikir dulu sebelum ngomong atau speak out dengan orang-orang.  Aku gak mau apa yg aku keluarin dari mulut ini di dengar orang tuh gak baik apalagi sampe nyakitin orang, kalo aku independent dalam berpikir nya gitu, sebisa mungkin kata-kata yg keluar dari mulut aku gak nyakitin orang udah itu aja sih. 

Nah, kalau kalian tau aku gimana gimananya berarti kalian teman dekat aku. 

Sampe disini dulu Ngomong-ngomong kali ini ngebahas being to independent human, kalau kalian punya cerita atau mau share tentang independent versi kalian, bisa ketik di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih :) 



Best Regards, 



Nisah Ar


Hello everyone, my name is Nisa, I am 23 years old, thank you for coming to my blog. This blog is about my thoughts about things that can be talked about here. so keep reading, thanks :)

Komentar

  1. OMG ..!! My specially.
    Wish you be a success woman ma gurls��
    Loveyou !��

    BalasHapus
  2. Oh oke thnks, you too.
    Jangan mandi aer hujan lagi ya, gakuat.

    BalasHapus

Posting Komentar