Text Widget

Laporkan Penyalahgunaan

Blog Archive

Categories

Popular Posts

Pages

BTemplates.com

Blogroll

Blogger templates

Blogroll

Unordered List

LATEST POSTS

Langsung ke konten utama

i promise will be the last, i'm talk about...

Sebenarnya bingung sih mau ceritain dari mana, aku bingung juga mau mulai dari mana cerita nya haha. Aku mendapatkan banyak pertanyaan dari orang terdekat, atau dari keluarga sendiri, pertanyaan nya begini

 Nisah, gimana kamu sama si X, masih lanjut ?  Atau udahan ?  Kok gak ada kabar atau cerita kalian lagi. Jlebb ... aku pengen mutar balik muka dari orang-orang yang nanyain begitu.  Ah, gimana ya mau cerita nya, help me please, I'll promise will be the last. 

Oke jadi begini, aku ceritain dari awal sampe akhir gimana endingnya ya, dan tolong jangan ada yang nanyain ini lagi ke aku. Sengaja aku ceritain ini lewat blog, karena aku bukan tipe cewek yang suka mengulang cerita yang sama dan berulang-ulang kali, bosan coy kalo ceritain ini melulu, yakan ?  Tapi gak apa-apa aku sharing ke kalian semua, semoga ada hikmah dibalik cerita ini ya. 

19 Oktober 2017, aku kenal dan ketemu sama orang ini, waktu itu aku masih semester 5, semester-semester terakhir perkuliahan. Kita berdua ini seumuran, sama-sama dalam perkuliahan, beda nya kalo dia di Unja jurusan pertanian, dia anak Agroekoteknologi sedangkan aku kuliah nya di AAK Provinsi Jambi, kami beda kampus juga beda jurusan, doi pertanian, aku analis atau laboratorium medik, kampus aku di kota baru, kampus doi di mendalo. Kok bisa ketemu ya ?  Kok bisa kenal ?  Gatau dah, Tuhan yang mempertemukan, jiah. 

Jadi, singkat cerita hubungan doi sama aku udah berjalan 1 tahun lamanya, udah mulai lah keluar sifat-sifat doi dari mulai yang menyenangkan sampe yang ngebikin pingin gumoh hahah. Ada sampe moment dimana pengen ketawa juga, tapi rada pengen gumoh sendiri karena sifat menyebalkan si doi,  i know this is called a relationship.  Yang namanya hubungan emang gak asik kalo cuma sekedar haha hihi doang, yang nama nya menjalin suatu hubungan pasti lagi kek main Roller coaster ada yang namanya naik turun, ada juga yang tiba-tiba bikin jantung mau copot. Asli! 

Lama-lama udah saling kenal satu sama lain, aku udah kenal keluarga doi, kakak nya doi, doi pun juga udah kenal keluarga aku, sampe sepupu-sepupu aku si doi juga udah kenal. Semakin lama semakin klop lah, kalo baru-baru emang gitu kebanyakan orang bilang.  Jujur, selama aku punya cowok baru first time aku kenalin ke orang tua, bahkan sampe ke sepupu-sepupu, waduh!  Gila bener ya si nisa, berarti si doi emang the first man yang dikenalin ke orang tua. Jawaban nya,  IYA!  

Sekarang kita move on ke masa-masa perkuliahan, waktu jaman nya mahasiswa dulu sering banget tuh kalo misalkan mau jalan nih kan, jiah agak agak ya kalo diceritain sekarang,  jadi kalo misalkan  mau jalan nih, kalo mau nonton karena doi sama aku film nya hampir senada lah, satu frekuensi bisa dibilang gitu, karena kita masih mental student,  jadi bagi dua gitu, dia yang bayar nonton aku yg bayarin makan nya gitu haha, Lucu kalo diceritain mah. Tapi emang gitu realita nya LOL.

Aku yang basic nya kesehatan, atau laboratorium medik dan doi sendiri basic nya pertanian,  tapi kita berdua masih bisa senada dalam soal belajar, karena masih dalam ruang lingkup IPA, kalo doi minta ajarin soal yang mungkin dia gak tau dan gak paham, aku bisa bantuin dia, nah karena aku basic nya kesehatan jadi doi gak tau seluk-beluk kalo aku belajar, doi gak ngerti.  

Singkat cerita, karena aku kuliah nya D3 atau Diploma III jadi yang lulus duluan aku, sedangkan doi masih magang, masih harus skripsian, penelitian lagi, pokonya doi masih panjang perjalanan nya. Balik lagi ke aku, aku udah di tahap seminar waktu itu, seharusnya aku seminar tanggal 13 febuari 2018 jadi mundur di tanggal 15 febuari 2018 karena dosen pembimbing aku dinas luar kabupaten tebo. Yaudah, akhirnya aku nunggu sampe dosen aku pulang ke jambi. Akhirnya seminar juga ditanggal 15 febuari 2018. Gimana dengan doi ?  Doi gak dateng, karena cuma seminar proposal gak terlalu penting lah bagi aku,  yang penting pas aku nya sidang akhir doi dateng. Yeayy, akhirnya seminar aku diterima dan lanjut ke penelitian. 

Selama aku penelitian doi sering juga kasih semangat layaknya orang pacaran pada umumnya lah, aku penelitian cuma 5 hari pokonya tanggal 13 maret 2018 penelitian aku udah kelar. Karena aku ambil nya lab kimia klinik jadi agak ribet dan penelitian aku ini tentang suhu, aku ambil eksperimen sederhana,  akhirnya embel-embel dan segala drama penelitian selesai, langsung lanjut nemuin dosen pembimbing karena aku udah dapet hasil dari penelitian. Yess, aku di acc dan disuruh maju untuk sidang akhir. 

14 Agustus 2018, jantung aku dag-dig-dug serrr, aku sidang coy setelah sekian drama aku nunggu buat sidang, karena temen-temen aku,  ayu, eka, Mei, uwik udah pada sidang semua aku ketinggalan, karena pas skripsian aku sempet sakit seminggu jadi gak aku utak-atik skripsi, dan lagian dosen pembimbing aku juga dinas luar juga jadinya ya, you know lah!  Well, akhirnya aku kelar sidang coyyy...  Yang tadinya sebelum masuk ruangan perut aku sakit nya nauzubillah, pikiran kemana-mana, aku takut gak tau jawab nya, ternyata alhamdulilah aku dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan gelar A.Md.AK (ahli madya analis kesehatan)  dengan nilai 94,6 aku gak nyangka proses selama kuliah 3 tahun ini gak pernah sia-sia, sabar menunggu dosen, liat kanan kiri temen udah pada sidang, akhirnya berbuah manis, alhamdulilah. Bagaimana dengan doi ? doi dateng kok, doi dateng.

jadi ceritanya, setelah aku kelar sidang aku gak tau doi dateng apa gak, soalnya pas malem nya doi bilang " inshaallah dateng" udah gitu doang jawaban nya, aku pikir yaudah kalo emang gak dateng ya gak apa-apa, it's okay!  lah ternyata dia dateng. Waktu itu kita udah lama gak ketemu karena aku yamg minta supaya kita gak usah ketemuan dulu dalam beberapa bulan ini, karena aku mau fokus ke skripsi, mungkin pas aku sidang aja kita bisa ketemu, yapp ternyata memang bener pas sidang kita ketemu. aku yang sibuk mau balikin buku ke perpus karena habis sidang harus ngegotong buku ke perpus, gak tau nya di tengah lapangan kampus aku disamperin sama doi, terus doi ngucapin selamat ke aku 'selamat ya nis. akhirnya selesai" udah gitu doang dia bilang, sama aku dikasih doi boneka, kalian tau boneka apa ? OWL. Tapi aku seneng, karena yang aku harapin juga dateng, da pakek ngasih segala lagi, padahal aku gak minta request sama sekali, karena aku bukan tipe cewek yang suka nya minta-minta. Ternyata doi peka, dikasihnyalah aku boneka, si owl.

aku lanjut cerita ke part nya doi.

memang bener, dari sekian cowok yang mampir ke kehidupan aku cuma doi yang aku kenalin sama keluarga, sama emak bapak, bahkan sama sepupu. bukan karena aku gak terbuka sama cowok, memang aku bukan tipe cewek yang mudah dekat dengan cowok, aku punya banyak temen cowok tapi yang beneran jadi pacar itu ya cuma satu, karena prinsip aku kalo udah satu ya tetep satu walaupun aku tetep ada teman cowok, temen cowok aku itu yang gak sembarangan, mereka gak ngerokok, mereka pinter, kritis, pokonya mereka berpendidikanlah. 

gimana dengan doi ? yass, doi pinter,doi baik anaknya, gak ngerokok tapi yang aku gak suka sama doi dia itu keras kepala,orangnya arrogant, kenapa aku bilang gitu? ya karena aku srering berada disamping doi, segala ucapan yang doi keluarkan itu sering menyinggu orang, termasuk aku. aku gak menjelekan doi, tapi emang bener itu yang aku rasain selama hubungan ini berjalan. jujur, aku orang ya sederhana, aku bukan berasal dari keluarga yang kaya raya, yang punya segalanya, aku tetap gak terima dong kalau doi sesekali merendahkan aku, emang nya kamu siapa ? derajat kita itu sama, sama-sama makhluk yang diberi nyawa, masih juga mau sombong, aku juga gak ngerti sih sebenarnya kenapa doi bisa se arrogant gitu.Tapi aku yakin doi pasti berubah pelan-pelan dengan sifat nya yang arrogant dan keras kepala sama gengsian.

kita berdua sempet putus kerena sesuatu hal yang ngebuat aku sakit hati, bukan karena doi selingkuh, gak doi gak selingkuh, kata-kata yang keluar dari mulut doi emang gak selayaknya di kelurkan oleh seorang  cowok, sikap dia yang terlalu arrogant, keras kepala dan merasa punya semuanya gak seharusnya ucapan yang keluar di mulut dia itu manyakiti hati orang dia bilang  : Nis, aku itu S1 ya aku gak mau dong dapet cewek yang biasa-biasa aja. Mohon maaf nih ya, status nya dia waktu itu masih mahasiswa dan aku statusnya sudah bekerja, aku gak pernah ngerendahin dia walaupun aku udah bekerja, gak ada aku ngerendahin dia, kok dia bisa-bisa nya masih berstatus mahasiwa ngomong nya udah tinggi selangit. Aku yang mati-matian dengan kuliah, ngelab, skripsian, orang tua udah habis banyak uang, terus ada orang yang tiba-tiba matahin perjuangan lo selama ini ? what do yu feel, hem ?

kalau kalian saat itu berada di posisi aku gimana ? Aku gak nyangka dia ngomong gitu ke aku, seakan-akan pendidikan aku itu lebih rendah dibanding dia, sorry bang, walaupun aku D3, D3 aku profesi ya mungkin sekarang aku lulusan D3 gak kayak dia S1, kita gak tau nasib orang gimana kedepan nya. sumpah gak nyangka omongan yang begitu pedas keluar dan nyakitin hati orang. ya, aku tau dia itu S1, oarang yang bener-bener berpendidikan pasti gak akan ngomong begitu, apalagi dengan pasanganya. Akhirnya aku putuskan buat mengkahiri hubungan ini, karena aku gak tahan dengan sikap dan sifat dia yang begitu arrogant dengan orang, emak aku yang nyekolahin aku dari SD sampe kuliah ini aja gak pernah ngomong begitu, kok dia bisa-bisa nya. Emang nya kamu yang biayain hidup aku ? emang nya kamu yang bayarin kuliah aku ? NGGAK KAN. Kenapa kamu jadi orang arrogant banget sih ? manusia kodratnya memang suka menjelekan orang ketimbang berkaca dangan diri sendiri.

kita putus, selama empat bulan gak ada yang namanya komunikasi dengan doi,  akun instagram nya doi aku block, whatsapp nya pun juga aku block, bukan karena ku gak dewasa, aku gak mau mental health ke ganggu karena dia, empat bulan selama putus itu, aku mengalami yang namanya depresi ringan, wajar aja sih. Mungkin kalian pikir aku lebay, nggak,ini gak lebay. pas aku inget namanya aku nangis, emak aku nanya dia, aku nangis, pas temen-teman aku nyuruh aku cerita, aku nangis, udah berapa banyak air mata aku jatuh karena omongan doi yang nusuk banget. aku gak mempermasalahin orang nya, yang aku permasalahi  adalah ni orang kenapa segitu hebatnya mulut nya nyakitin orang tanpa mulutnya di rem, dia aja gak mikir dia ngomong apaan. what's wrong with you ?

Dua bulan pertama aku mengalami yang namanya depresi, tapi setelah depresi itu aku bangkit lagi. aku berdiri didepan kaca " Nis, kau itu bukan cewek lemah,kenapa kau nangis gara-gara dia ? udalah nis jangan terlalu berlarut dengan kesedihan kau, jalan kau masih panjang, banyak yang harus kau kerjakan, bukan soal dia aja"  aku stop nangis-nangisan. 

Singkat cerita, after four months i'm broken heart disela-sela aku block akun nya dia, ternyata doi masih tetep kepo, aku tau itu akun nya dia tapi aku pura-pura gak tau, yaudahlah ya kalo mau liat story aku ya silahkan, kalo gak ya juga gak masalah. Dan aku juga gak mempermasalahin itu kok, yang aku pemasalahin tetep omongan nya yang tinggi selangit, dan aku masih inget betul itu. Aku orang nya gak dendaman, tapi aku ingat gimana cara doi memperlakukan aku, dan masih teriang-iang di otak. 

akhirnya aku bangkit dari keterpurukan dan depresi itu, aku coba nguatin diri sendiri nge-push diri sendiri, menjadi nisah yang aku kenal sebelum patah hati setai kucing ini, akhirnya nisah kembali seperti biasa lagi, aku menjadi waras lagi setelah empat bulan suram ini. yes, be the new you, nis! gak ada lagi nangis-nangisan, depresi, ngejalanin hidup seperti mana biasanya, because life must go on.

empat bulan terlewati, doi dengan beraninya nyapa aku di whatsapp, aku bales. panjang chat kita di whatsapp, yang masih ingat di chat itu dia bilang kamu yang terbaik nis, aku banyak belajar dari kamu. aku gak langsung baper dan terenyah dengan pesan itu, walaupun hati juga gak bisa bohong kalau ternyata perasaan ini masih ada juga. Buat yang baca pasti ngerti lah! sebenarnya masih ada sih screenshot nya, cuma gak terlalu penting di publikasikan disini, entar yang bersangkutan malu. Singkat cerita setelah doi memberanikan diri untuk menyapa di whatsaap yang isi nya Nis, aku minta maaf sama nisa selama ini aku sombong, aku udah nyia-nyiain nisa, aku pengen nisa ada disamping aku lagi, kita sama-sama mulai dari bawah lagi  itu yang doi bilang ke aku lewat chat. Aku respon pernyataan nya dia ke aku lewat chat, akhirnya dia mutusin buat ketemu dengan aku, waktu itu ketemu nya di starbuck. AKU BALES OKE!

Waktu di starbuck itu dia nggungkapin lah segala macem yang udah terjadi selama kita gak sama-sama lagi, mulai dari skripsi nya doi stuck di situ aja, penelitian nya agak random, dosen nya susah buat ditemuin, karena doi anak pertanian jadi penelitian dia  ribet dan susah. jadi dia ceritain semua apa yang udah terjadi sama doi, aku sebagai good listener mencoba memahami semua masukan dari dia, sampe di point dimana dia bilang dari semua cerita aku ini nis, nisa mau balik lagi ke aku ? aku siap nerima semua konsekuensi nya, mau nisa terima atau gak yang penting aku sudah legah buat ngomong ini ke nisah. Yang aku liat dari sorotan matanya, jelas dia udah jujur dengan yang terjadi selama ini, aku bilang ke doi oke, aku terima kita mulai dari yang baru lagi, kita mulai sama-sama lagi, tapi ingat kalo masih mengulang denga kesalahan yang sama, aku kecewa nya double. Hari itu juga kita balikan, dan dihari itu juga ig nya doi aku buka block-an nya, selama ini kan ig nya aku block. Oke kita mulai dengan cerita baru lagi.

the new story after long time we met, ternyata adalah perubahan dari doi, yang dulunya doi kalo ngomong suka sembarangan ga dipikirkan terlebih dahlu, lama-lama dia paham yang selama ini yang keluar dari mulutnya sekarang bisa dia kendaliin. Aku pikir doi emang beneran berubah. atau ini perasaan aku aja karena baru-baru ini balik intens lagi chatingan dengan doi, rasanya kayak baru mengenal orang lagi, padahal udah kenal lama benget ni orang. Ah, gue gatau. Ternyata waktu cepet amat berlalu nya, perasaan kemaren baru balikan sama doi sekarang tiba dimasa lo mengenal doi seperti orang asing lagi, ya orang asing. ini bukan kali pertama doi berubah lagi, udah sering, aku juga gak ngerti kenapa doi  cepet banget berubahnya, kadang moody-an , kadang suka cuek, aku gak paham dengan tipe manusia seperti ini. akhirnya aku tanyain kenapa dia bisa berubah kayak gini, doi bilang kalo doi ada masalah, aku gaktau masalah doi itu apa, ya karena dia gak mau cerita ke aku, padahal aku siap nerima keluhan dia, apa yang ngebebani doi. Masalah kuliah ? toh masalah kuliah juga pernah aku lewatin akhirnya aku juga tamat dari itu semua, tapi doi malah gak mau cerita sama aku. Aku sebagai pasangan nya dia, berhak dong tanyain dia kenapa kan ? tapi kalo doi gak mau cerita ya gak maslah, mungkin dia butuh space buat diri nya sendiri. Selama aku sama doi, aku gak pernah ngelarang dia buat main dengan siapapun, mau itu cewek atau cowok, mau dia nongkrong silahkan, asalkan mengarah yang bener gak melenceng. Aku juga gak berhak buat mengatur hidup nya, karena doi belom jadi pasangan halal. 

Ternyata doi punya masalah, akhirnya doi cerita dengan aku, dia terbuka dengan aku, doi udah ceritain semua apa yang terjadi dengan dia, dia kena musibah, disini di blog ini aku gak ceritain doi kena musibah apa, yang pasti musibah nya udah ngebuat mental dia down, kalo aku diposisi dia pasti aku juga down, aku coba ngertiin semua yang dia ceritain ke aku, aku nangis, aku gak tega liat dia kena musibah gitu, gimana dengan kuliah dia ? padahal dia tinggal skripsi, gue sedih. Dia pergi buat nenangin pikiran dia. Baru kali ini aku ngliat doi stres bukan main, pikiran dia kemana-mana, tapi dia berusaha untuk tetap tenang. semua sosial media dia tiba-tiba ganti username, Whatsapp nya doi ganti, aku tau dia lagi gak baik-baik aja, aku tau dia lagi kacau-kacau nya, lagi jatuh. Sebisa mungkin aku coba mengerti suasana hati dia dan ngehibur dia supaya mental nya gak semakin down. Dua minggu dia pergi dari jambi, buat nenangin hati dia.

27 September 2020, doi pulang ke jambi dan di hari itu juga aku ulang tahun ke 22 tahun. doi ngasih aku buku B.J Habibie The Power of Ideas , karena doi tau kalo aku suka sama cerita pak habibie dan doi pun juga gitu. jadi setelah doi pulang ke jambi, doi minta tolong anterin ketempat urut karena tangan doi sakit karena kecelakaan, jadi aku anterin doi ke tempat urut, awalnya dia yang bawa motor tapi kayak nya tangan nya doi sakit, pelan dia bawa motor, terus aku yang dibonceng dia dibelakang, kamu bisa bawa motor nya ? kalo gak bisa biar aku aja yang bawa , agak menepi sedikit dari jalan akhirnya aku yang bawa motor boncengin dia, firstly aku boncengi cowok dan dia adalah, kamu! apa ya, aku ngerasa nya pas bonceng dia itu kayak kakak sama adek nya gitu, atau sepupu bonceng sepupunya, karena kita seumuran, jadi gak kayak orang pacaran. 

masih lanjut, tiba di fase dimana doi seminar hasil dari penelitian nya, sebelum doi maju buat seminar malem nya kita belajar bareng, kita belajar di tempat kopi, ya, kita minum kopi, karena doi coffee addict gak minum kopi hidup doi hampa. Aku yang pulang kerja jam setengah enam sore baru sampe rumah malem nya langsung belajar sama doi, ada beberapa pertanyaan yang kami bahas malem itu seputar pertanyaan seminar hasil. karena udah malem akhirnya kita cabut dari tempat kopi itu, kita pulang. Tomorrow, doi seminar hasil. Aku dapet berita dari doi kalo seminar hasilnya diterima dan lanjut ke step selanjutya, gue seneng. Bentar lagi doi bakalan sidang akhir, semangat bro! BRAVO! pas doi seminar proposal aku sama doi masih beda server (belom balikan,lol) pas seminar hasil aku gak dateng karena ya aku pikir masih seminar hasil, kalo sidang akhir okelah baru aku dateng gitu.

Kita move on ke bulan Desember, tanggal 10 Desember 2020 you get it what do you want, bro! doi sidang, sidang akhir. waku itu aku masih dikantor karena masih ada kerjaan yang belom aku selesein, terus aku minta izin sama bos aku di kantor, cabutlah aku dari kantor. Pas udah sampe dirumah, aku ganti baju karena kau gak enak harus pakek baju dinas, berhubung masih jam kerja jadinya aku pulang dulu kerumah buat ganti baju, karena aku gak mau ke kampus orang masih pake baju kerja, dan aku juga gak enak sama teman-teman nya doi, entar pikiran mereka tentang aku agak beda, jadinya aku pake baju biasa ke unja. Aku gak sendirian ke unja, aku bareng sepupu aku si selly karena pas selly sidang si doi juga dateng, jadi saling menghargailah gitu. udah di unja nih, aku nungu bareng teman nya doi satu jurusan juga dengan doi, jadi aku duduk di kampus orang, lagi nungguin doi kelar sidang, dan ternyata gak lama kemudian doi keluar, doi senyam senyum lah kan, terus kaki aku di injek sama doi hahah....    selanjutnya kalo udah selesai sidang pasti foto-foto yakan, aku juga gitu dulu. Nah, doi keluar bareng teman nya dan foto bareng teman nya, aku duduk manis aja di tangga ngeliat doi foto-foto di hari yang paling ditunggu. Doi, ngajak aku foto, sebelum foto aku ngasih dia hadiah bingkai foto yang fotonya doi, tapi aku yang fotoin, di bingkai itu aku juga ngasih kata-kata lah biar selalu di inget sama doi, yang pasti kata-kata nya gak menye-menye. Oke, doi ngajak aku foto berdua, waktu itu difotoin sama si selly. Akhirnya, doi dapet gelar di belakang namanya, S.P (sarjana pertanian)

ternyata cerita setelah doi kelar sidang gak berhenti sampe disini, setelah sidang doi makin berubah, gatau juga berubah nya karena apa, kalo chatingan jam 8 pagi dibalesnya siang jam satuan. Apakah doi sibuk ? ya i know, mungkin doi masih sibuk dengan revisiny, masih sibuk dengan nilai yang katanya nilai nya masih di ambang karena salah satu dosen doi ada yang gak sinkron, tapi impcat nya ke doi lansgung, nilai doi gak di keluarin. disini, aku memahami lagi, oh mungkin doi emang sibu nyelesai-in revisiannya. ya, no problem, karena aku tipe cewek yang yang kalo misalkan sibuk ya gak apa-apa tapi di bilang aja jangan tiba-tiba ilang, terus timbul lagi, dikasih tau aja sibuknya karena apa, gak masalah kok kalo misalkan lo sesibuk apapun, asalkan dikasih penjelasan aja, supaya yang disini gak salah paham, begono loh. 

seminggu kita gak komunikasi, aku gak merasa ada salah dengan doi,kalo pun aku salah ya aku minta maaf, tapi kali ini aku emang meraa gaka da yang salah, jadi aku biarin sampe seminggu gaka da komunikasi, lama ngebatin kan ? akhrinya setelah satu minggu ga ada komunikasi aku beranikan diri buat nge-chat dia langsung, aku tanyalah gimana selama ini gaka da kabar sama sekali, udah seminggu loh, kemana aja ? terus doi jawab, maaf nis aku sibuk dengan revisian, dosen nya susah buat ngasih nilai, sebenarnya mau apapun yang sulit, aku rasa komunikasi tetap bisa jalan, toh aku juga gak ganggu doi kan ? selama ini aku rangkul dia, belajar sama-sama, tapi kenapa yang ini beda, habis kelar sidang doi berubah, sumpah aku gak ngerti emang, doi mau nya di ngertiin terus, sementara aku harus ngertiin dia, tapi dia gak ngerti posisi aku gimana juga, emang egois.  Yaudah, akhirnya aku ajakin dia ketemu kita omongin baik-baik. Sebelum bahas ke intinya, kita nonton film Habibie dan Ainun 3 karena film ini udah satu tahun yang lalu aku tungguin, akhirya kita nonton juga. Nah, habis nonton kita lanjut makan martabak MUI, di sela-sela makan itu kita akhirnya ngomong ke masalah intinya, dia yang ngomong duluan ada sebenarnya yang terjadi sama dia selama satu minggu ini gak ada komunikasi, seperti yang dia jawab, dia sibuk dengan revisinya, dosen nya gak ngasih nilai dia, dan segala macem cerita dari di, sampe dia bilang nisa serius mau udahan ? terus aku jawab langsung, mugkin ini jadi malam terkahir kita buat ketemu, aku gak mau pacaran lagi, aku mau fokus buat ibadah, aku mau fokus memeperbaiki diri, karena diri aku masih belom bener, disini aku gak bilang kalo diri aku mau hijrah, gak, aku gak bilang itu ke doi, aku cuma bilang aku mau fokus ibadah aja, aku gak mau pacaran lagi. Maaf kalo selama ini aku punya salah sama kamu. semoga ini yang terbaik, buat aku sama kamu.

25 Desember 2020, jadi malam yang terakhir buat aku sama doi, terakhir buat ketemu, chatingan, ketawa, makan martabak bereng. Sedih ? oh jelas sedih. 

banyak yang nanya ke aku, jadi selama ini kau nyesal nis kenal sama dia ?

Nggak. Aku gak pernah nyesal sama sekali buat kenal sama dia, bahkan pas dia ngerendahin aku  gimana dengan omongan nya dia, nggak, aku gak benci dengan orang nya, yang aku gak suka cuma sifat nya dia doang. Sama sekali gak pernah nyesal kenal dengan dia. Kalo di tanya, sedih gak sih nis ? Oh jelas sedih, manusiawi wajar kalo sedih, berarti fungsi hati aku masih bagus, tapi gak tau kalo sama dia gimana.

udah sebelas bulan gak komunikasi lagi sama dia, di instagram gak aku block, di Whatsapp juga gak aku block, yaudah gitu, aku ikhlas apapun yang terjadi dalam hidup. Dan aku sampe sekarang gak tau gimana kabarnya dia, dan aku juga gak tau sekarang dia udah kerja atau belom. Sekarang itu cuma sebatas jadi viewers instastory doang gak ada chat-an, cuma sebatas viewers instastory. lo bayangin yang dulunya deket banget sekarang udah jadi orang asing yang gak pernah saling tanya, udah gak saling kabar-kabaran, sebenarnya kalo doi punya niat baik ke aku, atau doi nyapa aku, of course pasti aku bales, pasti aku respon dengan baik. Tapi, kayak nya doi gak punya niat baik itu buat sekedar nanya kabar aku, aku juga gak berharap apakah dia mau nyapa aku, atau sekedar say hello doang, aku gak berharap apapun. 

selama sebelas bulan ini juga, aku emang gak ada dekat dengan siapapun, seperti yang aku bilang, aku mau fokus ibadah, sekarang aku ikut ngaji iqro dari youth move up, sholat gak bolong-bolong, yang dulunya jarang banget solat sunah (dhuha,istkharah.tahajud) dulu hampir gak pernah aku kerjain solat sunah karena aku dulu masih pacaran, dulu aku jauh lah dengan allah. akhirnya aku putusin buat gak pacaran lagi. aku cuma pengen tenang dan fokus dengan apa yang aku kerjain, selama itu baik dan gak ngerugiin orang, of course aku kerjain. Dulu paling males yang namanya ikut kajian, sekarang pelan-pelan aku ikut, sekarang ikut ngaji belajar ngaji dengan onitas yout move up walapun diri aku masih ada yang salah juga, tapi aku mau memperbaiki level aku ngaji, selama ini yang aku ngaji gak liat panjang pendek nya, sekarang aku belajar ilmu tajwid bareng  mereka, orang bilang, nis kau hijrah ?

Nggak. aku gak hijrah, aku cuma mau memperbaiki diri aku dari yang dulu ke yang sekarang, aku kadang masih pakek celana, kadang pake rok, jilbab aku masih kayak yang biasa lo liat lah, aku gak pakek gamis, jilbab aku gak sepanjang lutut. Aku gak ngelabelin diri aku Hijrah, enggak. 

aku bisa belajar banyak hal yang gak aku pelajari selama aku pacaran, aku bisa ngerenungi ini hidup lo mau lo bawa kemana, ini diri aku mau jalan kemana, aku mau kekanan, kekiri, aku mau lurus, itu semua ada pada pilihan diri aku seratus persen. Sekarang tu moto aku bukan yang kayak, ah aku mau ini aku mau itu, aku mau punya life goals ini, aku punya goal yang kayak gini, ada banyak list yang harus aku kerjain sebelum aku mati gitu-gitu, sekarang itu aku yang kayak, yaudah gitu hidup lo, lo lakuin aja, lo lakukan yang terbaik lo ikhtiar, lo usaha lo do'a, klau misalkan lo gak dapet apa yang lo mau, ya gak masalah gitu, it's choice life after all .

aku yang sampe sekarang ditanyain, mana sih cowok nya nisah masih ya sama yang kemaren, kok sunyi senyap, nisa kapan nikah temen-temen yang lain udah pada nikah! man selow man, entar tuh pasti ada waktunya, aku lagi gak balapan cepet-cepetan dengan orang, mungkin ya, sekarang aku belom punya pasangan atau sekarang aku belom nikah ya, tapi aku sekarang merasa jauh lebih baik gitu dibanding diri aku yang dulu, dibanding diri aku tiga  tahun yang lalu, itu yang kalo aku ditanya sama orang kenapa kamu sampe sekarang belom punya pacar atau pasangan. Karena itu, aku berubah itu karena pertualangan hidup aku selama 23 tahun ini.

Yaudah, semoga cerita ini read out buat kalian semua yang baca, makasih banget buat kalian yang udah baca dan mampir ke blog ini, yang baca dari awal sampe akhir. Kalo kalian pengen komen silahkan di comment section dibawah ini, terimakasih buat semuanya.

sampe ketemu di cerita selanjutnya, bye...

 

 

 

 

 

 

 

 


Hello everyone, my name is Nisa, I am 23 years old, thank you for coming to my blog. This blog is about my thoughts about things that can be talked about here. so keep reading, thanks :)

Komentar